Bila kamu memiliki cita-cita untuk mengabdi kepada masyarakat sejak kecil, maka kesempatan ini jangan kamu sia-siakan: Pemerintah membuka 19.210 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Lewat situs resmi, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) mengumumkan bahwa telah membuka CPNS guna mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) dan Mahkamah Agung (MA). Sarjana hukum siap-siap nih! Dan yang merasa bukan dari bidang hukum jangan khawatir.

Di Kemenkum HAM disediakan hingga 17.526 kursi yang meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau sipir hingga analis keimigrasian.

Untuk jabatan yang terakhir disebutkan, membutuhkan lulusan terbaik dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Lanjut lagi, untuk Mahkamah Agung tersedia 1.684 kursi calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Jumlah di atas, termasuk untuk mengakomodir putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek nih di sini:

  1. Situs Kementerian PANRB
  2. Situs BKN
  3. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  4. Situs Mahkamah Agung

Dan seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui situs resmi sscn.bkn.go.id dari tanggal 1-31 Agustus 2017.

Kemudian, sama seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Yuk kamu Anak Muda Indonesia, segera bersiap untuk mendaftar dan persiapkan dirimu sebaik-baiknya. Dan ingat, kalau sudah menjadi PNS, janji lho ya untuk mengabdi kepada masyarakat.

Satu lagi yang tak kalah penting, jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan!