Memasuki minggu pertengahan bulan puasa, ajakan untuk buka puasa bersama atau bukber pun turut berdatangan dari teman sekolah, kuliah, kepanitiaan, maupun rekan kerja. Meskipun pada tiap acara “bukber” tersebut didatangi oleh orang yang berbeda-beda, rasa bosan akan acara buka bersama yang agendanya “itu-itu saja” kerap membuat kita malas dan enggan mengerahkan tenaga dan merogoh kocek untuk menghadirinya.

Nah, kali ini ada beberapa ide untuk membuat acara “bukber” mu berbeda dari yang biasanya. Siapa tahu kamu bisa tiru.

Olahraga bareng, siapa takut?

Banyak yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan meninggalkan olahraga. Padahal, menjaga tubuh tetap bugar di bulan puasa itu penting loh! Coba tambahkan agenda olahraga bersama teman-temanmu di sore hari menjelang buka puasa. Memesan studio atau kelas privat yoga, zumba, ataupun piloxing yang hanya dapat dihadiri teman-teman dapat menjadi pilihan seru sembari ngabuburit yang dapat dilanjutkan dengan makan bersama di restoran dengan menu serba sehat.

Ngabuburit di escape game

Yang satu ini dijamin bisa mengeratkan kebersamaan sambil membuat waktu serasa berjalan lebih cepat!

Buat yang belum tahu apa itu escape game, kita ulas sedikit ya. Escape game merupakan semacam wahana yang didesain dengan berbagai macam teka-teki di dalamnya, sehingga para pengunjung yang diposisikan terkunci di dalamnya harus berhasil memecahkan teka-teki dan petunjuk didalamnya untuk bisa membebaskan diri.

Teman-teman bisa memilih waktu masuk wahana escape game di pukul 3 atau 4 sore, sehingga setelah selesai berhasil keluar dari escape game bisa langsung menuju resto tempat berbuka. Salah satu wahana escape game yang bisa menjadi pilihan adalah “Xcape Indonesia” di daerah Pantai Indah Kapuk yang letaknya berada di deretan resto-resto dan bisa langsung menjadi destinasi bukber setelah bermain bersama.

Bukber ala Timur Tengah

Buat yang bosan dengan suasana buka bersama yang itu-itu saja, coba deh bikin acara buka bersama dengan tema tertentu, seperti dengan tema ala timur tengah.

Beberapa resto di Jakarta tak hanya mengadaptasi cita rasa makanan timur tengah, namun juga menyulap restonya dengan dekorasi dan suasana khas yang membuat kita serasa menyantap hidangan di bagian bumi yang berbeda, lho.

Beberapa resto bernuansa timur tengah yang bisa dijadikan tempat bukber mu diantaranya Al-Jazeerah di daerah Menteng, Abunawas yang terdapat di Kemang dan Matraman, ataupun Kinara Cuisines of India yang bertempat di daerah Kemang.

Waktunya nostalgia

Buka bersama teman TK, SD, SMP, SMA? Daripada pusing menentukan tempat buka bersama yang tidak ada ujungnya, coba deh adakan buka bersama di Kantin SMP-mu atau coba minta izin pihak SD mu untuk mengadakan buka bersama di aula sekolah. Napak tilas di tempat kita dulu menimba ilmu sambil reuni dengan sahabat masa kecilmu, guru, serta staff sekolahmu bisa jadi ajang mempererat tali silaturahmi di bulan yang suci ini.

“Potluck” di rumah

Terlalu malas untuk berebut kursi pada jam buka puasa? Terganggu dengan batasan waktu yang ditetapkan resto-resto di jam buka puasa? Buka puasa di rumah teman (atau rumahmu) bisa jadi pilihan paling pas karena kita bisa leluasa bercengkrama tanpa diburu waktu dan tanpa menguras kantong.

Untuk makanannya, kamu dan teman-temanmu bisa membawa makanaan untuk bersama atau menerapkan sistem potluck, maupun memesan makanan favorit untuk diantar ke rumah.

Tips lainnya, kamu bisa menyulap satu sisi dirumah tersebut agar menjadi pojok berfoto dengan backdrop atau dekorasi untuk mengabadikan momen buka bersama tersebut.

Sudah mendapat inspirasi untuk acara buka bersama selanjutnya? Yuk tentukan tanggal dan ajak teman serta kerabatmu buka bersama.