Jika kamu sedang membutuhkan wejang mengenai prioritas mana yang harus ditentukan demi masa depanmu, maka mendengar nasihat dari seorang Warren Buffett adalah hal tepat.

Pengusaha dan investor paling sukses di dunia ini punya cara untuk menentukan prioritas di masa depan. Ia selalu membuat daftar dan dibagi menjadi dua pilihan.

Menurut Warren Buffett, buatlah 25 daftar prioritas impian yang ingin kamu capai di tahun, bahkan kalau perlu di minggu ini. Karena karier masa depanmu sudah menunggu di dalam dua daftar yang terpisah itu.

Lalu perhatikan baik-baik daftar yang sudah disusun. Kemudian dari 25 daftar itu pilih lima saja dan masukkan ke kategori A, sisanya di kategori B. Cukup mudah kan?

Lalu bagaimana dengan daftar di kategori B?

Warren Buffett mengatakan, daftar di kategori B nantinya akan tercapai dengan sendirinya setelah daftar di kategori A sampai benar-benar terealisasi.

Metode itu bertujuan untuk menghilangkan hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan dalam pencapaian priotas kamu di masa depan. Dengan begitu, setidaknya kamu sudah menghilangkan 20 prioritas dan berfokus pada lima prioritas.

“Mereka (lima priotas di kategori A) adalah tujuan Anda,” kata Warren Buffett.

Pengusaha sekaligus fotografer, James Clear, pernah berujar, “Hilangkan (yang bukan prioritas) dengan kejam. Paksa diri Anda untuk fokus. Lengkapi tugas atau bunuh itu,” katanya.

Nah, sudah jelas bukan? Setelah kamu menentukan lima dari 25 prioritasmu, sekarang saatnya kamu fokus di situ, dan kejar!

sumber: curiosity.com