Di zaman serba canggih ini internet bagai candu yang sulit dielakkan. Sekarang, hal apa yang tidak menggunakan internet? Di mana kamu tidak mengakses internet? Tak heran muncul istilah mbah Google.

Baru-baru ini, lembaga riset Nielsen mengeluarkan hasil survei terbarunya mengenai penetrasi warganet yang menggunakan internet. Hasilnya luar biasa, warganet semakin akrab dengan internet.

Berdasarkan survei Nielsen Cross-Platform 2017, terjadi peningkatan akses internet di hampir semua tempat: Kendaraan umum (53 persen), kafe atau restoran (51 persen), bahkan di acara konser (24 persen) pun mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2015. Peningkatan juga terjadi untuk akses internet dari rumah dan tempat bekerja.

Bahkan di kelompok usia 50 tahun ke atas, mereka yang melakukan dual-screen (nonton teve sambil berinternetan ria) setiap hari pun meningkat dari 7 persen di tahun 2015 menjadi 48 persen di tahun 2017.

Adapun yang mereka akses, yakni video melalui platform digital: Youtube, Vimeo dsb (51 persen), portal TV online (44 persen), TV internet berlangganan seperti Netflix, Iflix, Hooq, dll. (28 persen).

“Akses internet di luar rumah bisa jadi disebabkan karena semakin banyak orang yang memiliki akses melalui telepon genggam, juga ketersdiaan wi-fi di area publik yang semakin umum Sedangkan akses di rumah turut dipengaruhi oleh fasilitas wi-fi yang terjangkau,” tutur Direktur Eksekutif Nielsen Media, Hellen Katherina.

sumber: Nielsen