Tahun ini pemerintah membuka kesempatan untuk menerima Calon Pegawai Negeri Sipil Batch II sebanyak 17.928 formasi di 60 Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Segala keperluan informasi sebenarnya sudah bisa dapat dicari melalui situs resmi kementerian terkait, menpan.go.id, atau di sscn.bkn.go.id. Bisa juga di akun media sosial Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni facebook.com/bkngoid dan twitter.com/bkngoid.

Tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melamar, apa saja? Berikut IndonesianYouth.org rangkum dari beberapa sumber:

1. Buka situs web https://sscn.bkn.go.id

2. Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS melalui portal SSCN

Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Pendaftaran;
– Kemudian pelamar mengisikan: NIK, nomor KK atau NIK kepala keluarga
– Pelamar mengisikan alamat email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan
– Pelamar mencetak kartu informasi akun SSCN 2017

3. Pelamar login ke portal SCCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Kemudian ada beberapa tahap:

– Pelamar melengkapi biodata.
– Pelamar memilih instansi. (Khusus instansi yang menggunakan aplikasi mandiri/non-SCCN, pelamar akan diarahkan ke alamat aplikasi pendaftaran mandisi instansi).
– Pelamar memilih jenis formasi sesuai instansi, selanjutnya mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi.
– Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SCCN 2017.

5. Pelamar melakukan pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing instansi dan wajib melampirkan salinan Kartu Pendaftaran SCCN untuk proses Verifikasi.

6. Kemudian Tim Verifikator Instansi akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.

Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi mencetak Kartu Peserta Ujian CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan Computer Assited Test (CAT) BKN.

Sekadar catatan, pelamar yang sudah pada seleksi Kementerian Hukum dan Has Asasi Manusia (Kemenkum HAM) dan Mahkamah Agung (MA) dan tidak lolos, tidak perlu lagi membuat akun. Pelamar tinggal login pada website sscn.bkn.go.id dengan memasukan NIK dan password yang digunakan pada pelamaran di batch I.

sumber: menpan.go.id, sscn.bkn.go.id, Liputan6.com