Coba ingat-ingat, waktu sekolah dulu seberapa sering ditanya, “Kalau besar mau jadi apa?”. Jawaban seperti dokter, suster, guru, presiden, pilot, polisi, atau olahragawan adalah yang lumrah diutarakan. Tapi coba ingat-ingat lagi, jawaban kamu kala itu apa sekarang jadi kenyataan?

Semakin beranjak dewasa, kita tahu, pekerjaan atau profesi tidak hanya menjadi dokter, guru, atau polisi, tapi ada juga jadi penulis, gubernur, musikus, atau yang berhubungan dengan industri IT dan keuangan. Dua pekerjaan terakhir yang disebut muncul dari hasil survei yang dilakukan sebuah platform jaringan profesional, LinkedIn.

Dalam keterangannya, LinkedIn melakukan survei dengan melibatkan seribu responden pelajar (16-23 tahun) dan profesional muda (25-36 tahun) di Indonesia. Hasilnya, Industri IT dan keuangan muncul sebagai pekerjaan yang paling populer di kalangan pelajar masa kini disusul sains dan teknik. Kepopuleran IT dan keuangan rupanya menggeser pekerjaan atau profesi dari jawaban-jawaban lumrah masa kanak-kanak. Sedangkan untuk wiraswasta jadi idola lintas generasi.

Para responden mengungkapkan, kalau bidang ini –sehingga menjadi populer dalam riset– muncul karena merasa terinspirasi atas sesuatu atau dari seseorang. Kemudian 94 persen responden mengaku didukung penuh bokapnyokap-nya, dan 89 persen percaya diri bakal merengkuh pekerjaan itu kelak.

Menyambung pertanyaan di atas, nampaknya juga muncul dalam survei ini. Hampir 60 persen profesional muda tidak bekerja sesuai dengan pekerjaan impian masa kecil. Akses pendidikan serta kemampuan jadi penyebabnya. Lebih dari setengah responden juga mengaku tidak memiliki kesempatan untuk mewujudkannya lantaran latar belakang pendidikan dan kemampuan. Tetapi, tidak sedikit juga yang saat ini pekerjannya masih nyerempet-nyerempet dengan cita-cita masa kecil.

Buat kamu yang saat ini menjalani pekerjaan sesuai harapan masa kecil, selamat ya. Untuk yang belum sesuai, kerjakan saja pekerjaan kamu saat ini dengan sebaik-baiknya. Dan cobalah untuk mencintai pekerjaan. Dan kamu yang masih akan mengejar pekerjaan idaman kamu, teruslah berjuang. Semangat ya!