Malam sebelum panggilan wawancara kerja adalah menjadi waktu paling bikin deg-degan. Hampir semua orang mengalaminya. Tapi, itu bisa teratasi dengan melakukan beberapa persiapan.

Mempersiapkan diri menghadapi wawncara kerja, tidak hanya sebatas mempersiapkan CV dan portofolio. Tetapi ada hal lain juga untuk dipersiapkan agar wawancara berjalan sesuai harapan. Apalagi panggilan wawancara kerja kali ini adalah perusahaan yang sudah lama diidam-idamkan.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan selain CV dan portofolio sebelum wawancara kerja?

Mengemas barang ke dalam tas

Kalau kamu cuma cetak CV, portofolio, alat tulis, dan segala persyaratannya tetapi tidak mengemasnya ke dalam tas, semua hanya akan menjadi sia-sia. Pastikan, esok harinya sebelum bergegas wawancara kerja tidak ada yang tertinggal satu pun. Sekali lagi, persiapkan semuanya dengan baik.

Pertanyaan wawancara

kredit: flickr.com

Setelah semua keperluan dirasa sudah siap, langkah selanjutnya adalah mempelajari pertanyaan wawancara. Ada banyak refrensi seputar hal itu di internet. Memiliki banyak refrensi lebih baik ketimbang tidak bisa menjawab pertanyaan wawancara. Jangan malas mencari refrensinya.

Riset pewawancara

Selain seputar pertanyaan, perlu juga mencari tahu siapa yang akan mewawancaraimu nanti. Kamu bisa cari di google atau LinkedIn untuk melihat profil atau latar belakang si pewawancara. Karena mengenal lebih dekat bisa menjadi nilai tambah, dan ini jarang dilakukan kandidiat lain.

Membuat catatan kecil

kredit: flickr.com

Ini sah-sah saja dilakukan. Membawa catatan kecil berisi, misalnya, lokasi wawancara kerja, nama pewawancara kerja (beserta dengan departemennya), atau pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu ajukan nanti akan sangat membantu ketika wawancara kerja berlangsung.

Cari alamat lokasi wawancara kerja

Ada baiknya kamu berselancara ke dunia maya untuk mencari di mana lokasi wawancara kerja. Dan, bila terletak di daerah yang belum pernah kamu ketahui, kamu bisa bertanya dengan orang terdekatmu: transportasi yang tepat menuju lokasi dan berapa lama perjalanannya.

Persiapkan pakaian terbaik

IYCamp 2014

Ini memang agak terdengar tidak lazim, tapi dibutuhkan. Memakai pakaian terbaik, menjadi bukti kalau kamu siap untuk melakukan wawancara kerja besok.

Kemungkinan terburuk

Kredit: Pixabay

Kamu tidak boleh abai dengan satu ini. Kamu harus mempersiapkan, andai, hal terburuk terjadi. Misalnya, tiba-tiba turun hujan deras, atau perjalanan lebih macet dari biasanya. Maka, kamu perlu sedia payung atau berangkat lebih awal dari tenggat waktu: satu atau setengah jam sebelum jadwal wawancara dimulai.

Bagaimana, apa kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk besok? Kalau belum, segera persiapkan. Ingat, besok adalah hari paling menentukan.

sumber: themuse.com