71 tahun sudah Indonesia merdeka. Dan besok akan memperingati kemerdekaan yang ke-72 kalinya. Tema dan logo pun sudah dipersiapkan, dan tidak terlalu banyak berubah dari tahun sebelumnya.

Untuk logo peringatan kemerdekaan tahun ini terlihat terdapat angka “7” dan “2”. Angka “7” pada logo merupakan simbolisasi dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan atas. Hal tersebut melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.

Kemudian, letak dan posisi angka “2” terlihat merangkul angka “7” yang berarti melambangkan asas kebersamaan dalam bekerja membangun indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Bentuk angka “2” juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesai yang terdiri dari dua bagian.

kredit: Setneg.go.id

Sedangkan untuk tema, Kerja sama. Kebersamaan merupakan prinsip dasar masyarakat Indonesia berkehidupan berbangsa.

“Juga merepresentasikan gotong royong, yang merupakan manifestasi konkret dari semangat kebersamaan antarmasyarakat dalam bahu-membahu dan tolong menolong,” demikian tertulis dalam surat edaran Sekretariat Negara.

Sekretariat Negara juga mengatur pengunaan logo. Dalam pemakaiannya tidak dapat berdiri sendiri antara logogram amaupun logotype. Logo tersebut harus dipakai dalam kesatuan yang utuh. Untuk menjaga keterbacaan logo, logo tidak diperbolehkan menggunakan ukuran kecil dari 2 cm.

“Setiap keterangan pengunaan logo, harus disertai dengan batas area aman logo untuk menjaga kejelasan dan keterbacaan logo. Tidak boleh ada elemen grafis apapun dalam area aman yang telah ditentukan dan disepakati bersama.”

Sekretariat Negara juga menegaskan kalau logo tidak diperbolehkan untuk: didistorsi, diputar, dibalik, diganti warna (selain warna korporasi yang telah disetujui), diubah atau dipotong sebagian, dan tidak boleh menggunakan efek gambar yang tidak relevan.

“Logo juga tidak diperbolehkan diletakkan di atas pada foto berwarna, foto hitam putih maupun berwarna, dipisah antara logogram maupun logotype, dan tidak diperbolehkan diletakan di atas warna latar yang serupa dengan warna logo.”

sumber: Setneg