Hari ini, Sabtu (23/09/2017), Google Doodle menampilkan sosok perempuan berkacamata tampak memejamkan mata dengan domiminasi warna hijau dedaunan menghiasi kepalanya. Iya, dia adalah Asima Chatterjee, ahli kimia asal India yang dikenal lewat karya ilmiah vinca alkaloid.

Tepat 100 tahun lalu Asima Chatterjee lahir di Bengal. Tetapi wanita lebih banyak menghabiskan kehidupannya, terutama masa muda, di Kota Kolkata. Di kota itu juga dia menghabiskan waktu untuk mengenyam pendidikan di Scottish Church College, Universitas Kolkata, dan lulus pada 1936. Dua tahun berselang dia bergelar master pada bidang kimia organik di universitas yang sama.

Di tahun 1944 Asima Chatterjee melengkapi gelar pendidikannya dengan gelar doktor usai fokus penelitiannya kepada produk kimia alam yang kemudian menghasilkan obat antikejang atau epilepsi dan antimalaria.

Dari itu, Asima Chatterjee didapuk menjadi wanita pertama di India bergelar Doktor Sains. Tak heran bila tulisan “Google” hari ini digambarkan dengan unsur-unsur kimia.

kredit: The Indian Scientis

Namun, karya Asima Chatterjee paling termasyhur adalah vinca alkaloid (senyawa alkaloid dari tanaman bunga vinca) yang berguna memperlambat atau menghentikan sel kanker agar tidak berkembang.

Kimiawan asal India ini memanfaatkan tanaman tapak dara yang berasal dari Madagaskar sebagai ramuannya. Kini temuan Asima Chatterjee banyak digunakan dalam dunia medis, pengobatan kanker, yakni kemoterapi.

Buah usaha dan kerja keras Asima Chatterjee dalam penemuannya itu akhirnya diacungi jempol oleh universitas-universitas dunia melalui gelar honoris causa. Berbagai macam penghargaan pun tak lepas untuknya.

Di tahun 1961, misalnya, Asima Chatterjee mendapat Penghargaan Shanti Swarup Bhatnagar di bidang sains kimia, sekaligus menjadi wanita pertama yang meraih penghargaan tersebut. Lalu di thaun 1975, dia pernah dianuegrahkan penghargaan Padma Bhushan dan menjadi presiden wanita pertama pada Asosiasi Kongres Sains India.

Dan sebagai bentuk penghormatan atas pencapaiannya, Asima Chatterjee pernah dijadikan anggota Dewan Negara dari kurun waktu 1982 sampai 1990. Tak lupa dirinya juga pernah mendirikan Departemen Ilmu Kimia di Lady Brabourne College sebelum akhirnya dia meninggal pada 22 November 2006 di usia ke-89 tahun.