Mengawali aktivitas memang ada baiknya dimulai dengan sarapan yang bergizi akan kaya nutrisi dan protein. Lantaran hal itu perlu dilakukan mengingat aktivitas akan dilakukan sehari penuh dan menguras tenaga dan pikiran. Tapi, jangan lupa untuk menyempatkan minum secangkir kopi di pagi hari.

Secangkir kopi sebelum beraktivitas –tentu amat dianjurkan setelah sarapan– sangat disarankan. Sebab, kopi memiliki segudang manfaat untuk membantu kita menjalankan segala aktivtias.

Berikut khasiat bila nyereput secangkir kopi sebelum mengawali hari:

Meningkatkan Kinerja Otak

kredit: Sofeminine

Bukan rahasia lagi kalau kopi dapat meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan konsentrasi.

Enggak cuma itu, kalau ditambah sedikit gula akan membuat kamu sedikit lebih jenius sementara. Sebabnya, kombinasi kafein dan glukosa dapat mengaktifkan sektor tertentu di otak kamu.

Tapi sangat tidak disarankan meminum kopi di saat perut kosong.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

kredit: Pinterest

Menurut ilmuwan dari beberapa negara, kopi mengurangi risiko kematian dini. Semakin banyak cangkir kopi yang kamu minum sehari, semakin rendah risiko kematian. Alasannya, kopi mengubah sistem kekebalan tubuh dan membuat lebih kuat juga sehat. Ini juga memperbaiki hati, jantung, dan sistem pencernaan kamu.

Hanya saja, kopi yang alami loh ya, bukan kopi instan atau kopi saset, karena kandungannya lebih banyak zat kimia ketimbang nutrisi di dalamnya.

Mengurangi stres dan depresi

kredit: TheClever

Memang, teh dan coklat dapat mengurangi stres dan depresi, atau biasanya meningkatkan mood kamu kalau sedang tidak baik. Tapi, itu kurang efektif ketimbang mengkonsumsi kopi.

Kafein dalam kopi adalah kafein paling efektif untuk menekan central nervous system (CNS). Itu juga yang terjadi kalau kita hanya menghirup aroma kopi.

Membuat ingatan lebih baik

kredit: Home Gorunds

Stimulator dan neuromediator yang diperoleh dari kopi tidak hanya meningkatkan mood dan produktivitas, tetapi juga memperbaiki ingatan. Tentu saja, ini hanya bekerja dengan memori jangka pendek.

Meski jangka pendek, itu sudah cukup baik, karena semua informasi awal disimpan di dalam ingatan jangka pendek, dan baru satu jam kemudian masuk ke ingatan jangka panjang kita dan dalam keadaan tertentu.

Menurunkan berat badan

kredit: Home Gorunds

Pasti fakta ini yang kamu cari. Ternyata kopi dapat menahan dan menurunkan berat badan kamu.

Dilansir Kompas.com, dalam buku The Coffee Lover’s Diet, penulis sekaligus konsultan kesehatan Bob Arnot menjelaskan, secangkir kopi bisa membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, mengurangi efek buruk makanan berlemak, sekaligus membantu membakar lebih banyak kalori.

“Efek pertama yang harus diperhatikan adalah peningkatan metabolisme. Anda akan membakar 100 kalori lebih banyak bila minum kopi dibanding bila tidak,” kata Bob, “kedua, bila kita minum kopi sebelum berolahraga atau beraktivitas, tubuh kita akan membakar lebih banyak asam lemak bebas.”

Jangan lupa, kopi yang diminum adalah kopi hitam tanpa gula dalam keadaan panas.

sumber: Brightside, Kompas