Intensitas pertanyaan “kapan kawin?” yang menghampiri belakangan meningkat tajam. Pelakunya biasanya orang terdekat, kalau tidak tetangga ya saudara. Mungkin mereka belum membaca fakta baru ini: berdasarkan survei, jomblo ternyata bahagia!

Iya, survei itu baru-baru ini dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang resmi menyatakan kalangan yang berstatus single atau lajang alias jomlo, atau dalam hal ini belum menikah, adalah kalangan paling bahagia.

Survei BPS dibagi menjadi empat status, yaitu belum menikah, menikah, cerai mati, dan cerai hidup yang melingkupi empat dimensi: kebahagiaan, makna hidup, kepuasan hidup, dan perasaan.

Hasilnya dari dimensi kebahagiaan status belum menikah adalah kalangan yang paling bahagia dengan skor 71,53 dari skala 1-100 (untuk 1 paling tidak bahagia dan 100 paling bahagia). Demikian dengan dimensi makna hidup yang mencapai skor 74,93.

Memang, dimensi kepuasan hidup didominasi oleh kalangan menikah dengan skor 71,38, ketimbang mereka yang jomlo (71,20).

kredit: ternakmania.website

Sebelumnya, pada 2014 BPS juga melakukan survei serupa. Hasilnya, indeks Kebahagiaan orang yang belum menikah pada 2014 tercatat 68,77 atau naik dibandingkan 2013 yang 64,09.

Bagaimana dari sisi jenis kelamin?

Catatan BPS menunjukkan ternyata laki-laki lebih bahagia dari perempuan. Laki-laki memiliki indeks kebahagian hingga 71,12 lebih tinggi dari indeks kebahagian wanita yang hanya mencapai 70,30.

“Hasil ini tidak berubah sejak survei 2012,” kata Kepala BPS Suhariyanto.

Dirinya menerangkan, pengukuran indeks kebahagian dalam masyarakat sangat penting. Guna melengkapi indikator pembangunan yang berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan pembangunan.

Lalu kalau sudah bahagia kamu kapan nikah, mlo?