Pak atau Bu Bos memang manusia yang paling sulit ditebak. Dia sering menjadi bos yang amat sangat baik, tapi tak jarang juga ia menjadi manusia yang ogah untuk kita dekati.

Memang, setiap tempat kerja, setiap perusahaan, dan setiap atasan selalu berbeda-beda. Tapi, secara umum cara terbaik agar si bos senang kepada kamu adalah melihatmu menghasilkan kerja yang luar biasa.

Dilansir Business Insider, bahwa terdapat strategi sederhana yang dapat dilakukan guna membuat si bos senang. Berikut strategi rahasia sederhana agar si bos senang dengan kamu:

Bekerja lebih awal

Kredit: pixabay.com

Sebuah penilitian yang dilakukan Michael Foster dari School of Business University of Washington, Amerika Serikat, mengatakan pekerja yang masuk lebih awal, setidaknya satu jam sebelum jam kerja, dapat dirasakan oleh atasan karena dinilai lebih teliti dan mendapat penilaian kinerja lebih tinggi.

Misalnya, kalau kamu kerjam jam 9, datanglah jam 8. Lagipula, bekerja lebih pagi keadaan otak masih fresh.

Memecahkan masalah sendiri

Kredit: Demeter Attila

Kredit: Demeter Attila

Sudah pasti, setiap perusahaan, setiap harinya terdapat permasalahan tersendiri, dari yang terbesar hingga terkecil. Dalam keadaan seperti itu, ada baiknya kamu mencoba memecahkan masalah itu sendiri.

Yakinkan si bos kalau kamu bisa menemukan dan memecahkan permasalahannya. Dan, jangan lupa, tutup kuping kamu dari orang-orang sekeliling kamu yang pesimis.

“Jual” nilai kamu kepada perusahaan

Kalau kamu cuma ribut minta promosi jabatan karena gelar kamu yang mentereng –sekaligus minta naik gaji– percaya deh itu enggak akan berhasil.

Si bos lebih suka melihat apa yang menguntungkan untuk si bos dan perusahaan dari nilai kamu. Jika kamu ingin si bos mencintaimu, kamu harus menunjukkan bagaimana kamu sangat penting bagi kesuksesan pribadi mereka dan perusahaan tempat kamu bekerja.

Gaya komunikasi

ilustrasi orang asyik dengan gawainya.

Ini terlihat sepele, tapi cukup menentukan. Profesor Michel Watkins kepada Harvard Business Review mengatakan, kenali gaya komunikasi atasan kamu. Apa lebih suka dengan chat, email, atau tatap muka, dan seberapa kamu harus melakukan komunikasi dengannya.

Lebih detail

Melihat pekerjaan lebih detail bukanlah hal sepele. Karena dampak yang lebih besar sudah menunggu kamu. Perihal kesalahan-kesalahan kecil dapat berakibat fatal.

Atasan amat suka dengan pekerja-pekerja yang detail oriented.

Mintalah nasihat

kredit: wikimedia

Meminta nasihat kepada atasan adalah hal penting untuk keberlangsungan karier dan perusahaan kamu.

Lagipula, meminta nasihat dari atasan adalah sesuatu yang sangat baik –misalnya bagaimana melakukan pemasaran yang baik dan tepat sasaran– dan tidak akan membuat kamu terlihat bodoh.

Psikolog Robert Caldini mengungkapkan, bahwa lebih baik meminta nasehat mereka daripada pendapat mereka.

Katakan terima kasih

Ini adalah hal sederhana sebagaimana yang mesti dilakukan sesama kamu. Tidak hanya untuk atasan, tapi rekan kerja juga perlu kamu lakukan.