Pebulutangkis Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses mengharumkan nama Indonesia usai menyingkirkan ganda campuran peringkat satu dunia dari China Zheng Siwei/Chen Qinchen di kejuaraan dunia bulutangkis 2017 di di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia. Pasangan sempat tertinggal dahulu sebelum akhirnya memastikan juara lewat rubber set.

Tentu, melawan peringkat satu dunia bukan perkara mudah. Pada set awal, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet harus kalah dari Zheng Siwei/Chen Qinchen dengan skor 15-21.

Pasangan Indonesia bangkit di set kedua, permainan ketat berlangsung. Namun pasangan Indonesia berhasil menyamakan keadaan atas pasangan China dengan skor 21-16.

Baru pada akhirnya Owi/Butet di rubber set atau set penentuan pasangan China terlihat mulai kewalahan dan pertahanan menjadi kendor. Hasilnya, di paruh pertama set ketiga, pasangan Indonesia menekuk 11-1. Sebelum akhirnya pasangan peraih emas di Olimpiade 2016 Brasil itu menyudahi perlawanan Zheng Siwei/Chen Qinchen dengan kedudukan 21-15.

“Kami bersyukur bisa juara dunia lagi,” kata Tontowi seusai pertandingan seperti dilansir Badmintonindonesia.org, “semua ini kami persembahkan untuk Indonesia. Bagi saya pribadi, motivasi terbesar saya adalah anak dan keluarga saya. Suatu hari nanti saya ingin anak saya bangga mengetahui kalau ayahnya pernah membela Indonesia.”

“Kami merasa bermain seperti biasa, cuma kelebihannya, kami punya rasa percaya diri yang lebih besar karena kami sudah memenangkan medali emas olimpiade. Kami memanfaatkan pengalaman kami, lawan lebih muda, tetapi kami bermain lebih tenang,” ujar Liliyana menambahkan.

Perlu diketahui, gelar itu merupakan gelar kedua Owi/Butet yang sebelumnya diraih empat tahun lalu di China Guangzhou, Tiongkok.

Terima kasih Owi, terima kasih Butet. Terus harumkan bulutangkis dunia kita ke pentas dunia!