Oktober tahun lalu pengumuman bernada antusias akan pembentukan negara baru, terdengar. Negara tersebut tentu berbeda dengan negara pada umumnya, negara ini diberi nama Negara Asgardia, di luar bumi letaknya.

Negara besutan ilmuwan Rusia, Igor Ashurbeyli, ini memang belum betul secara resmi terwujud. Namun, melalui laman resmi Asgardia, lebih dari 250 ribu masyarakat dari 226 negara di bumi sudah mendaftarkan diri sebagai Asgardian –sebutan warga Asgardia.

Di antara ratusan ribu orang yang mendaftarkan diri, warga Indonesia juga turut serta. Hasil kunjungan IndonesianYouth.org di situs resmi Asgardia hingga pukul 04.12 WIB telah terdapat 7.851 orang yang mendaftar.

Kata Ashurbeyli, dikutip dari The Guardian, saat jumlah pelamar sudah mencapai 100.000 orang dirinya akan mengajukan diri ke PBB tahun depan. Dan para penghuninya nanti boleh berstatus dwikewarganegaraan. Misal, seorang warga Indonesia yang menjadi warga Asgardia itu sah-sah saja, Asgardia memperbolehkannya sementara ini, karena belum benar-benar resmi menjadi negara. Namun, bila sudah resmi nanti, tergantung bagaimana Indonesia mengatur tentang Negara Asgardia. Lagipula sang pencetus tak mewajibkan penduduknya tinggal di sana.

“Ketika jumlah pelamar sudah lebih dari 100.000, kami bisa secara resmi mengajukan diri untuk menjadi sebuah negara kepada PBB,” katanya.

kredit: businessinsider.com

Itu juga diperkuat ahli Hukum Antariksa dari University of Sunderland, Inggris, yang mengatakan saat ini masih belum ada kejelasan pasti bagaimana Asgardia diatur dalam regulasi internasional. Ia juga memperkirakan akan ada banyak tantangan untuk diakui sebagai sebuah negara.

“Tetapi ini perkembangan menggairahkan. Menarik untuk melihat ke mana arahnya hal semacam ini,” kata Newman seperti dikutip The Guardian.

Menariknya, negara yang diambil dari mitologi Norwegia dan dapat menampung 1,5 juta warga ini sudah memiliki desain bendera dan lambang negara. Dan, undang-undang pun tengah dirancang saat ini.

Pembaca yang penasaran, dan andai tertarik, kamu bisa mengakses situs resmi Negara Asgardia. Setelah membukanya, di pojok kanan atas terdaftar kolom Log In or Apply.

Selamat mencoba!