Di waktu senggang, ada kalanya kita memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan hal yang positif. Misalnya, dengan mempelajari bahasa baru. Apalagi, persaingan global semakin kompetitif dan kita dituntut untuk bisa menguasai lebih dari satu bahasa.

Nah, sebenarnya belajar bahasa asing itu tidaklah sulit, lho. Berikut ini ada 5 tips menguasai bahasa asing yang dirangkum Kompas.com dari laman Language Learning Portal:

Harus punya komitmen

Kalau memng kita serius untuk belajar bahasa baru, yang penting adalah komitmen. Tekunlah berlatih dan biasakan diri untuk belajar setiap hari.

Caranya mudah. Kita bisa belajar beberapa kosakata baru atau menonton film. Luangkan waktu kita minimal satu jam per hari.

Jangan takut salah

Ingat, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Jadi, membuat kesalahan itu wajar saja. Yang penting, beranilah mencoba untuk menerapkan bahasa tersebut. Pikirkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dibuat malah bisa jadi pembelajaran untuk lebih baik lagi.

Fokus pada kosakata inti

Rupanya, hanya ada sekitar 300 kata bahasa Inggris yang sebenarnya dipakai oleh penutur asli dalam percakapan sehari-hari. Hal ini pun menunjukkan bahwa kita tak perlu harus bisa langsung menguasai satu bahasa sekaligus.

Supaya lebih mudah, kuasailah bahasa dasar yang biasanya memang digunakan untuk sehari-hari.

Gunakan teknologi

Jangan lupa unduh aplikasi bahasa yang dapat memudahkan kita untuk menghapal dan memahami kata-kata dalam bahasa asing. Bisa dibilang, aplikasi tersebut bisa jadi sarana belajar yang mudah dan menyenangkan.

Praktik, praktik, dan praktik!

Suatu bahasa asing bila lama tak digunakan malah akan terlupakan. Karenanya, praktik itu penting.

Semakin banyak berlatih, akan semakin terampil kita. Belajarlah dengan intens. Bila perlu, berlatih juga dengan penutur asli bahasa yang sedang kita pelajari.

Praktikkan ilmu yang didapat dan jangan sampai semuanya sia-sia, ya.

sumber: Kompas.com