Tak bisa dimungkiri, pendidikan menjadi corong masyarakat yang bisa menentukan kualitas bangsa di masa depan. Karenanya, banyak orang berlomba-lomba untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya, mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Entah itu di dalam negeri, maupun di luar negeri.

Selain memiliki pendidikan berkualitas, Indonesia juga punya kampus yang biayanya mahal, lho. Tentu saja, biaya yang mahal juga setimpal dengan sistem kurikulum, kualitas tenaga pengajar, juga faslitas-fasilitas yang diberikan. Yuk, kulih satu per satu!

President University

Butuh sekitar Rp 300 juta untuk bisa lulus dari universitas bergengsi ini. Hmm… apa ya spesialnya?

Rupanya, universitas yang berada di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat ini memilki kurikulum dengan standar internasional. Di kesehariannya, bahasa Inggris menjadi bahasa umum yang lazim digunakan. Selain itu, ada berbagai fasilitas yang bisa digunakan, mulai dari lapangan olahraga hingga kolam renang.

Swiss German University (SGU)

Kampus yang berdiri pada 17 Juli 2000 ini terletak di BSD City, Tangerang. Ada beragam fakultas yang bisa dipilih. Mulai dari Teknologi Pangan, Teknologi Infomasi, Bisnis Internasional, Hotel dan Pariwisata, juga Akuntansi.

Dikutip dari Kontan, jika ingin masuk ke SGU butuh sekitar Rp 223-247 juta sampai lulus. SGU terkenal sebagai universitas termahal kedua di Indonesia.

Universitas Ciputra

Kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki Fakultas Akuntansi, Psikologi, Pariwisata, Teknologi Informasi dan Multimedia, Desain Komunikasi Visual, Fashion Design Business dan masih banyak lagi.

Butuh biaya sekitar 83-160 juta sampai lulus kuliah. Dan sebagai informasi, universitas ini berusaha untuk mencetak entrepreneur di berbagai bidang.

Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH yang berlokasi di Lippo Karawaci, Tangerang ini juga punya beragam fasilitas untuk para mahasiswanya. Mulai dari studio foto, kolam renang, lapangan olahraga, billiard, gymnasium, asrama, dan banyak lagi.

Jurusan yang ditawarkan juga bervariasi. Kita bisa memilih Hukum, Liberal Arts, Kedokteran, DKV, Psikologi, Musik, dan sebagainya.

Dengan kurikulum bertaraf internasional yang dimiliki, kampus ini mematok Rp 130 – Rp 200 juta sampai lulus.

Universitas Trisakti

Kampus yang terletak di Grogol, Jakarta Barat ini punya koleksi sekitar 52.000 judul buku di perpustakannya. Kampus ini juga punya Lembaga Penelitiain.

Untuk fakultas yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan kampus-kampus lainnya. Kita bisa memilih Teknologi Industri, Teknologi Kebumian dan Energi, Kedokteran Gigi, Hukum, juga Teknik Sipil dan Perencanaan.

Jumlah mahasiswanya sudah mencapai lebih dari 21.000 lebih orang. Butuh kocek senilai Rp 90 – Rp 120 juta sampai lulus dari Trisakti.

Sumber: Kontan.co.id