Sewaktu di Sekolah Dasar dulu, kita pasti pernah diajarkan peran matahari terhadap kehidupan, selain sebagai pusat tata surya. Selain itu, matahari juga punya peranan penting termasuk bagi tubuh kita.

IndonesianYouth.org mencoba merangkum alasan-alasan mengapa tubuh kita butuh ‘diguyur’ sinar matahari. Berikut alasan-alasannya:

Emosi bahagia

kredit: shutterstock

Memang banyak cara untuk menjadi bahagia. Tetapi, secara alamiah, tidak terkena sinar matahari hormon serotonin di dalam tubuh akan menjadi sedikit. Semakin bagus dipadukan dengan olahraga. Itu mengapa olahraga di pagi hari sangat baik untuk tubuh.

Meningkatkan kesuburan

Secara khusus, ini dianjurkan untuk para perempuan. Sinar matahari bermanfaat menekan melatonin, hormon yang menghambat kesuburan bagi perempuan. Semakin sering kita terkena matahari, kesempatan untuk bisa punya anak juga akan semakin besar.

Sinar matahari juga bagus untuk imun dalam tubuh yang perlu dijaga lewat terpaan sinar matahari -selain makan makanan bergizi ditambah asupan vitamin.

Kesehatan Jantung

Ilustrasi senyum

Tidak ada sinar matahari berarti tubuh kita tidak akan bisa menghasilkan vitamin D. Karena vitamin ini punya peran penting dalam melindungi kita dari penyakit jantung. Sinar ultraviolet, faktanya, juga mengatur tekanan darah.

Baik untuk gigi

kredit: thejournal.ie

Tidak hanya sirkulasi darah dan hormon yang membutuhkan sinar matahari. Gigi kita pun membutuhkannya. Kalau tidak, siap-siap saja gigi kita akan berlubang. Dan, tentu, merogoh kocek lebih dalam untuk ke dokter gigi.

Menghilangkan nyeri

kredit: thephysiocompany.com

Tanpa sinar matahari, bersiaplah untuk merasakan banyak rasa sakit di sekujur tubuh kamu. Sebabnya sinar matahari membantu menghangatkan otot dan mengurangi rasa sakit.