Apapun bentuknya, buku akan masih menjadi jendela utama pengetahuan. Dan apapun bentuknya setiap 23 April dunia selalu memperingati Hari Buku, termasuk di Indonesia. Meski, minat baca di Indonesia tergolong sangat rendah.

Hasil penelitian dari Central Connecticut State University tahun 2016, dalam data World’s Most Literate Nations, peringkat minat baca Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara. Dengan kata lain, Indonesia menduduki peringkat dua (tapi) dari bawah perihal minat baca.

Selain itu, pada tahun 2012, UNESCO melansir index tingkat membaca orang Indonesia hanya 0,001. Itu artinya, dari 1.000 penduduk, hanya ada 1 orang yang mau membaca buku dengan serius.

Tetapi, kita tidak ingin membahas soal itu, namun lebih kepada sebenarnya ada fakta-fakta menarik mengenai buku di Hari Buku tahun ini. Berikut fakta menariknya:

Buku tertua

Buku dengan usia tertua di dunia adalah Buku Emas Etruscan, dengan umur lebih dari 2.600 tahun.

Buku termahal

Untuk buku termahal di dunia tercatat adalah buku Cordex Leicester, karangan Leonardo da Vinci yang pernah terjual dengan harga 30,8 juta USD.

Penulis termuda

Dorothy Straight, penulis termuda asal Washington, Amerika Serikat, meluncurkan bukunya yang berjudul How the World Began tahun 1962 saat dirinya masih berusia 4 tahun.

Penulis termuda pria

Usia penulis pria termuda dunia asal Brasil, Adauto Kovalski da Silva, saat bukunya Aprender e Facil diterbitkan pada Oktober 2005 saat dia masih berumur 5 tahun 302 hari.

Tanda tangan terlama

Tanda tangan dibubuhkan Orrin Woodward selama 5 jam 33 menit untuk bukunya And Justice for All, Juni 2014, yakni sebanyak 6.786 buku.

Novel terlaris dalam 24 jam

Novel Harry Potter and the Deathly Hallows karya J.K Rowling terjual sebanyak 8,3 juta buku hanya dalam waktu 24 jam: 8,3 juta.

Membaca terlama

Waktu terlama membaca buku maraton oleh tercipta oleh Deepak Sharma Bajagain asal Nepal yuang menghabiskan 17 buku selama 113 jam 15 menit.

Buku terlaris 50 tahun terakhir

Bukan Hary Poter atau Da Vinci Code yang bukunya paling laris di pasaran, tetapi buku Holy Bible yang mengukuhkan penjualannya dalam 50 tahun terakhir dengan penjualan mencapai Rp 3,9 miliar.

Kemudian ada Quotations From Chairman Mao Tse-Tung (Rp 820 juta), Harry Potter (Rp 400 juta), The Lord of the Ring (Rp 103 juta), The Alchemist (Rp 65 juta), dan terakhir Da Vinci Code (Rp 57 juta).

Penulis berpenghasilan tinggi 2016

Nama pertama ada James Patterson (Zoo) dengan penghasilan 95 juta USD, diikuti Jeff Kinney (Diary of a Wimpy Kid) 19,5 juta USD, dan disusul J.K Rowling (Harry Potter) dengan 19 juta USD.

Perpustakaan

Mengenai perpustakaan, terdapat perpustakaan tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 230,9 meter yang terletak di Hotel JW Mariott di Shanghai, China.

Sedangkan untuk perpustakaan tertua di dunia terdapat di Al Qawariyyin di Fez, Maroko, dengan usia 1.158 tahun.

Sumber: Busniess Insider, Forbes, guardian, Gunness World Records, Publisher Weekly, World Atlas, Day Translation.