15 Februari 2017 kita sebagai warga yang mempunyai hak suara untuk memilih diimbau dan diajak untuk menentukan siapa yang akan menjadi kepala daerah lewat pemilihan umum yang sedang berlangsung ini.

Walau sebetulnya ada 101 daerah yang melakukan pemilihan kepala daerah secara serenetak, akan tetapi provinsi DKI Jakarta yang dikenal sebagai etalase Indonesia mendapat sorotan terbanyak baik dari para rakyat Jakarta sendiri maupun rakyat non-Jakarta,. Hal ini sempat membuat adanya tensi yang naik-turun dari sabang sampai merauke maupun antarpendukung pasangan calon yang sempat membuat kekisruhan pada hubungan sosial politik di Jakarta.

Akan tetapi ada juga hal unik dan fakta yang menarik yang kami rangkum untuk para pemegang hak suara. Selain semua nama calon gubernur diawali dengan huruf “A”, kira-kira apalagi yang membuat pilkada kali ini menjadi hal yang menarik untuk diikuti?

Bagi-bagi bakmi

Petugas TPS 54, 55, dan 56, RW 011 Pantai Mutiara, Jakarta Utara, menyediakan konsumsi berupa bakmi ayam dan jus kacang hijau sebagai ungkapan terimakasih kepada warga yang sudah memakai hak pilihnya untuk Pilkada kali ini.

Pentas musik

Para panitia dan petugas TPS Ngadiwinatan, DIY Jogjakarta, menyambut dan mengajak para warganya untuk memilih dengan mengadakan pentas musik.

Para petugas SD

TPS 45, RW 007 Kebon Pala, Jakarta Timur, memakai atribut seragam yang tak kalah uniknya dalam menyambut para warga dalam melakukan pemilihan umum, mereka memakai seragam sekolah dasar untuk menyambut para warga yang mengikuti pemilihan umum.

Sakit bukan halangan

Tak ada halangan untuk tidak melakukan pemilihan umum, RSCM Jakarta Pusat mengadakan TPS keliling untuk para pasien yang sedang dirawat agar tetap dapat menyuarakan pilihannya.

Cagub yang tak dapat memilih

Calon Gubernur No.2 Rano Karno tidak mempunyai hak pilih pada Pilkada Provinsi Banten kali ini, dikarenakan beliau tidak mempunyai KTP Banten untuk menyuarakan suara.

Pilkada Jakarta tidak yang kelahiran Jakarta

Ketiga Calon Gubernur Jakarta ternyata tidak ada yang lahir di Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono merupakan kelahiran Bandung, Jawa Barat. Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok merupakan kelahiran Manggar, Belitung Timur. Sedangkan Anies Baswedan kelahiran Kuningan, Jawa Barat.

Bilik Selfie

Sebetulnya KPU sudah membuat peraturan mengenai ‘pelarangan akan selfie di dalam bilik suara, akan tetapi di TPS 9 Pojokusuman, Mergangsan,  tidak menghalangi antusias warga untuk mendokumentasikan pengalaman mencoblos. TPS ini membuat sebuah bilik untuk berselfie setelah menggunakan hak pilihnya.