Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui programnya Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) kembali dibuka tahun ini. Pendaftaran dibagi menjadi dua, yakni program Magister dan Doktoral baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Informasi terlebih dahulu, untuk beasiswa dalam negeri pendaftaran terakhir akan ditutup pada 3 April mendatang, sedangkan untuk luar negeri baru akan ditutup pada 7 Juli nanti.

Untuk pendaftaran LPDP, saat ini semuanya sudah menggunakan cara online, dengan cukup mengunjungi situs resmi LPDP, kemudian mengikuti langkah-langkah selanjutnya seperti membuat akun, mengisi biodata, memilih jurusan pendidikan dan lain sebagainya.

Sebelum itu juga, LPDP sudah memberikan panduan mandiri yang bisa kamu gunakan sebagai rujukan mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) di LPDP.

Untuk informasi selengkapnya kamu bisa mengunjungi situs resmi LPDP di sini dan mengunduh panduannya di sini.

Adapun tahapan seleksi BPI dalam negeri:

– Penetapan Hasil Seleksi Administrasi Dokumen (17 April 2017)
– Seleksi Assessment secara Online (19–20 April 2017)
– Penetapan Hasil Seleksi Assessment secara Online (5 Mei 2017)
– Seleksi Substansi (15 Mei–9 Juni 2017)
– Penetapan Hasil Seleksi Substansi (19 Juni 2017)

LPDP sendiri bertujuan mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia dengan pendidikan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia di masa depan.

Dalam LPDP tedapat satu program bernama Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral. Program adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Sasaran Pendaftar BPI Program Magister dan Doktoral adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau Doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP, baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.