Sinergi Muda melalui Program Cluster Kesehatan Kesejahteraan kembali mengadakan sharing session mengenai financial planning dengan Adrian Irwandika Pradana, seorang Personal Financial Planner sekaligus Business Consultant dari Klikonsul. Pada kegiatan ini, narasumber menjelaskan pentingnya perencanaan keuangan sejak dini.

Randi, sebagaimana ia biasa disapa, mengatakan banyak institusi pendidikan yang mengajarkan cara mengelola dan merencanakan keuangan sebuah perusahaan atau bisnis namun tidak ada yang mengajarkan cara mengelola dan merencanakan keuangan pribadi.

Kesadaran masyarakat, menurut Randi, Indonesia mengenai pentingnya perencanaan keuangan pun terbilang masih sangat rendah. Padahal hal tersebut sebenarnya diperlukan setiap individu. Tujuannya tidak lain agar seseorang bisa mencapai kesejahteraan dari sisi finansial, atau bahkan mencapai kebebasan finansial yaitu kondisi saat seseorang sudah memiliki kekayaan yang cukup untuk membiayai kehidupannya meskipun ia tidak bekerja lagi.

Randi menjelaskan bahwa cara mengelola keuangan setiap orang bisa berbeda tergantung status pekerjaan, status pernikahan, memiliki anak atau tidak, serta tujuan hidupnya. Cara mengelola keuangan seorang karyawan akan berbeda dengan seorang pekerja lepas, berbeda juga dengan wirausahawan. Cara mengelola keuangan seorang yang masih lajang akan berbeda dengan mereka yang sudah berumah tangga.

Meskipun setiap orang memiliki cara yang berbeda, namun pada umumnya semua orang perlu membagi uangnya ke dalam pos-pos berikut:

Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang akan dikeluarkan apabila suatu keadaan yang tidak terduga terjadi terhadap penghasilannya. Seperti saat seseorang mengalami PHK atau mengalami penurunan dalam bisnis.

Dana Proteksi

Dana proteksi adalah dana yang disiapkan untuk melindungi seseorang saat terjadi musibah, misalnya sakit, kecelakaan, atau kematian terhadap pencari nafkah. Dana proteksi bisa disiapkan dengan menggunakan instrumen asuransi.

Tabungan

Tabungan disiapkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan/keinginan yang sifatnya jangka pendek, untuk jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Dana Investasi

Dana investasi adalah dana yang kita alokasikan untuk memperoleh keuntungan di masa depan melalui investasi. Pada umumnya, seseorang mengharapkan uangnya bisa berkembang dengan menginvestasikannya. Sebelum memilih instrumen investasi, sebaiknya tetapkan dulu tujuan investasinya.

Biaya Hidup

Biaya hidup mencakup pengeluaran rutin setiap bulannya seperti makan, transportasi, pulsa, tagihan listrik, dan tagihan-tagihan lainnya.

Sedekah/Zakat

Sedekah/Zakat itu wajib hukumnya untuk dialokasikan paling pertama sebelum alokasi-alokasi yang lain. Besarannya dapat disesuaikan menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Gaya Hidup

Bedakan antara biaya hidup dengan gaya hidup. Gaya hidup termasuk di dalamnya ngopi-ngopi cantik, belanja baju atau sepatu, nonton di bioskop, dan hiburan lainnya.

Liburan

Bagi sebagian orang liburan itu wajib sifatnya, setidaknya setahun sekali. Untuk itu ia perlu mempersiapkannya agar bila sewaktu-waktu butuh rehat sejenak dari rutinitas, uang untuk liburannya sudah ada. Tapi bagi sebagian lainnya, biaya liburan ini bisa digabungkan dengan pos gaya hidup.


Pos-pos ini nggak mutlak harus dimiliki setiap orang, bisa dimodifikasi tergantung kebutuhan orang tersebut. Berapa besar uang yang dialokasikan untuk setiap pos juga bisa berbeda tergantung tujuan dan rencana jangka panjang orang yang bersangkutan. Yuk mulai persiapkan rencana keuanganmu dari sekarang.