Nyalakanlah TV sebentar. Pindahkan kanalnya bila gambar dan suara yang muncul pertama adalah soal berita-berita negeri. Kita butuh udara segar! Misalnya, bernostalgia hingga dua jam lamanya lewat tayangan-tayangan hiburan yang dirilis pada tahun 1990-an, tapi masih sibuk wara-wiri di layar kaca.

Ya, seperti 7 film 90-an yang sering tayang di TV saat liburan akhir tahun ini. Coba tebak… sudah berapa kali kita menontonnya, ya?

Home Alone (1990)

Kevin McCallister, seorang anak dari keluarga kaya tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya saat hendak berlibur ke Prancis. Alhasil, Kevin harus menghabiskan waktunya di rumah sendirian. Siapa sangka, ia bertemu dengan dua pencuri yang hendak merampok rumahnya. Tak kehabisan akal, Kevin yang cerdik menyiapkan berbagai jebakan untuk menggagalkan aksi mereka.

Air Bud (1997)

Setelah kematian Ayahnya, Josh Framm dan Ibunya pindah ke sebuah kota kecil di Washington. Josh yang senang bermain basket sering berlatih sendiri, lantaran ia terlalu pemalu untuk bergabung dengan tim basket di sekolahnya. Suatu ketika, ia bertemu dengan seekor anjing golden retriever bernama Buddy, yang ternyata jago bermain basket! Sayang, pemilik Buddy sebelumnya ingin memiliki anjing itu kembali.

Stuart Little (1999)

Siapa yang tak merasa aneh ketika mendapati bahwa adik angkat kita ternyata adalah seekor tikus putih yang dapat berbicara? Ya, itulah yang dialami George. Setelah kedua orangtuanya mengadopsi Stuart, mau tak mau George harus menganggapnya sebagai seorang “adik”. Tak tinggal diam, Stuart pun berusaha memenangkan hati keluarga barunya, termasuk kakak tirinya.

Jumanji (1995)

Semua bermula dari tahun 1969, ketika Alan Parish terperangkap di dalam sebuah board game bernama Jumanji. Lalu, 26 tahun kemudian, sepasang kakak-adik, Judy dan Peter Shepard menemukan Jumanji. Ketika memainkannya, keduanya mengalami berbagai keanehan, seperti yang tertera dalam instruksi permainan. Barulah mereka sadar, mereka tidak bisa menghentikan keanehan-keanehan itu, kecuali mereka menyelesaikan permainan tersebut.

Baby’s Day Out (1994)

Setelah kemunculannya di koran, Bink, bayi lucu nan menggemaskan ini menjadi sasaran tiga pria yang ingin menculiknya. Setelah berhasil mendapatkan Bink, ketiga penculik ini malah kesulitan menjaganya. Alhasil, Bink jadi harus berpetualang sendirian di kota besar demi melarikan diri dari para penculiknya.

Toy Story (1995)

Woody adalah salah satu mainan yang dimiliki Andy. Ia dan teman-temannya merasa resah karena sebantar lagi Andy akan berulang tahun. Itu artinya, Andy akan mendapatkan mainan baru dan kemungkinan besar ia akan melupakan mainan-mainan lamanya. Rupanya, mainan baru yang didapat Andy adalah Buzz Lightyear, yang ternyata membuat kagum sekaligus cemburu mainan-mainan lain. Suatu hari, Buzz terlempar keluar dan Woody harus bertanggung jawab. Keduanya harus melewati beragam petualangan menarik untuk sampai ke rumah.

Shaolin Popey (1994)

Bercerita soal Pi Shao Ting yang jatuh cinta dengan Anne dan adik laki-lakinya membantunya untuk mendapatkan hati perempuan yang diinginkannya. Hal ini membuat mereka berdua sampai belajar martial arts di sebuah perguruan shaolin terkenal dan dari sanalah berbagai kekonyolan terjadi.