Perlukah belajar di luar negeri? Perlu motivasi untuk mengejar beasiswa ke luar negeri? Berikut alasan kenapa kamu harus kuliah di luar negeri.

Kuliah di luar negeri belum tentu lebih bagus atau lebih buruk dari di Indonesia, namun pasti berbeda. Toh negaranya juga sudah berbeda. Berikut alasan-alasannya:

Merasakan pendidikan yang berbeda

Sistem universitas di negara lain banyak yang memiliki perbedaan dengan sistem di Indonesia. Contoh yang paling mudah diamati adalah perbedaan sistem sekolah negeri dan internasional yang masih ada di Indonesia, seperti program Monash University Foundation Year. Di program ini, selain bahasa pengantarnya yang Inggris, kelas dituntut untuk interaktif.

Merasakan budaya baru

Merasakan budaya-budaya baru akan membantumu memperluas cakrawalamu, dan terlebih lagi jika kamu berusaha memahami budaya tersebut, meskipun kamu tidak merasa cocok dengan budaya itu.

Hal ini terutama penting sebagai latihan memahami berbagai masalah dari berbagai sudut pandang.

Bertemu berbagai teman baru

Di lingkungan internasional, kamu pasti akan menemukan berbagai macam mahasiswa yang juga belajar bersamamu. Seperti merasakan budaya baru, memiliki teman yang beragam akan membantumu memahami masalah dari berbagai sudut pandang.

Berlatih menjadi mandiri

Jika kamu kuliah di luar negeri tanpa orang tua atau saudaramu, selamat berjuang, kawan! Keharusanmu untuk beradaptasi dengan berbagai hal baru dan mengurus diri sendiri akan membuatmu lebih mandiri.

Memoles kemampuan berbahasa asingmu

Mau tidak mau, kemampuan bahasa asingmu akan terasah dengan kuliah di luar negeri.

Kualitas yang baik (jika kamu masuk universitas yang baik pula, tentu saja)

Menurut Times Higher Education dan QS Top Universities, banyak sekali universitas-universitas unggulan dunia yang berada di luar negeri.

Yang perlu diperhatikan adalah universitasnya, bukan sekadar luar negeri. Lokasi tentu tidak menjamin kualitas.

Melihat dunia dari perspektif baru

Pada intinya, belajar di luar negeri akan membuat –bahkan memaksa– kamu untuk melihat dunia dari perspektif baru. Budaya dan teman-teman yang akan kamu temukan membuatmu berusaha memahami berbagai kejadian dan kebiasaan dengan konteks yang dinamis. Begitu pula dengan penggunaan bahasa baru dan sistem pendidikan yang berbeda.

Hal-hal ini tidak seratus persen eksklusif didapatkan dengan belajar di luar negeri, namun hal-hal ini semoga bisa memotivasimu untuk meningkatkan kemampuanmu agar bisa belajar (terutama gratis) di luar negeri.