Kuliah memang kudu sesuai minat. Tapi, kuliah juga enggak harus selalu komunikasi dengan periklanan atau PR, misalnya. Masih banyak jurusan-jurusan yang sebelumnya belum pernah kamu dengar, atau justru yang sebenarnya malah menjadi passion kamu.

Sandi Negara

Kamu kira kami bercanda? Enggak, ini betulan ada, Sekolah Tinggi Sandi Negara. Sekolah ini menyelenggarakan dua program studi yaitu Program Studi Manajemen Persandian dan Program Studi Teknik Persandian.

Untuk jurusan Persandian, dibagi menjadi dua minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi.

Sekolah ini sudah ada sejak tahun 1974, tetapi dahulu masih bernama Akademi Sandi Negara (AKSARA) atau Pendidikan Ahli Madya Sandi (PAMS). Nah, kamu tertarik?

Manajemen Transportasi Udara

Bila kamu terobsesi dengan sesuatu yang berbau penerbangan dan bercita-cita menjadi pilot atau pramugari namun belum beruntung lantaran satu dua hal, kamu ngga perlu kecewa. Kamu masih bisa coba cara lain, yakni mengambil jurusan Manajemen Transportasi Udara.

Jurusan ini akan mempersiapkan para mahasiswanya mampu menangani hal-hal menyangkut penerbangan, seperti sistem transportasi udara yang sesuai perkembangan teknologi penerbangan, mengoperasikan dan memelihara fasilitas kemanan penerbangan, hingga reservasi dan ticketing.

Lulusan dari sini, kamu bisa menjadi bagian dari maskapai penerbangan pemerintah dan swasta. Bisa juga bekerja di BUMN yang menangani operasional seluruh bandar udara di Indonesia.

Oseanografi

Kalau kamu punya minat yang besar di bidang lingkungan atau kelautan, jurusan ini cocok banget deh. Sesuai namanya, Oseanografi akan banyak mengkaji masalah-masalah lingkungan, khususnya lingkungan laut.

Kamu juga akan mempelajari proses-proses kelautan yang menyangga iklim global, yang nantinya di beberapa keahlian juga ada yang di fokuskan terhadap perubahan iklim. Silakan dicoba kalau itu menjadi passion kamu.

Ilmu Perpustakaan

Kuliah ini akan memang membuat kamu dekat dengan buku-buku dan segala hal untuk pengarsipannya. Tapi tenang, kuliah perpustakaan engga akan kamu bikin jadi kutu buku atau kuper. Malahan, kuliah seperti ini bikin kamu menjadi kaya pengetahuan dan informasi.

Event Management

Banyaknya event beberapa tahun terakhir dan masih akan terus ada hingga ke depannya. Menyelenggarakan event nasional dan internasional membutuhkan inovasi, sumber daya manusia (SDM) yang ahli, dan mentalitas tak sembarangan. Maka jangan kaget kalau kuliah seperti ini memang ada. Gimana, kamu berminat kuliah event management?