Kalau dipikir-pikir, sebenarnya kita tidak perlu merogoh kocek untuk mengasah kemampuan bahasa asing kita, terutama bahasa Inggris. Sebab, hanya bermodalkan gadget dan internet, kita bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Sebagai contoh, rapper muda asal Indonesia, Rich Chigga mengaku bahwa dirinya belajar Bahasa Inggris lewat video-video yang ada di YouTube. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya, akses menuju informasi sangat mudah dan murah.

Sebagai bocoran, berikut 5 channel atau kanal YouTube yang bisa bikin bahasa Inggris kita makin terasah.

1. Learn English with Let’s Talk – Free English Lessons

Kanal ini akan membantu kita untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris lebih baik lagi. Dengan menonton video-video yang diunggah, kita bisa mempelajari soal public speaking, vocabulary, idiom, frasa, dan sebagainya.


2. AcademicEnglishHelp

Kanal satu ini akan memberikan banyak tips dan trik bagaimana menghadapi International English Language Testing System (IELTS). IELTS adalah sebuah persyaratan yang dibutuhkan jika kita ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Di kanal ini, kita bisa tahu bagaimana bisa menembus skor yang kita inginkan pada bagian Reading, Listening, Wrtiting, dan Speaking.


3. IELTS Liz

Ini merupakan kanal lainnya yang menyajikan kiat-kiat soal IELTS. Pembahasan yang detail dan menyeluruh akan membuat kita semakin memahami soal tes tersebut. Bahkan biasanya, pemilik akun ini, Liz, suka mengajak penontonnya untuk berbagi contoh soal IELTS. Dengan begitu, kita bisa mencapai target skor yang kita inginkan.


4. engVid

Ini merupakan salah satu kanal belajar favorit karena kita bisa memilih pengajar bahasa Inggris sesuai keinginan kita. Masing-masing pengajar memiliki materi berbeda-beda. Mulai dari conversation, vocabulary, kesalahan umum yang sering dilakukan, grammar, dan masih banyak lagi. Video yang disajikan pun beragam sehingga wawasan yang kita dapatkan tidak akan habis.


5. TED

Seperti yang diketahu, TED ialah organisasi non-profit yang menghadirkan banyak sosok inspiratif dari berbagai belahan dunia untuk memberikan presentasi terkait berbagai topik. Nah, kanal ini bisa menjadi media belajar kita, terutama Listening. Dengan mendengarkan, kita jadi belajar untuk memahami dan menanggapi suatu isu, tentunya dalam bahasa Inggris.


Selain kelima kanal tersebut, kita juga bisa lebih memahami soal bahasa Inggris lewat lagu, buku, ataupun film. Misalnya, cobalah untuk memahami makna di balik lirik lagu musisi favorit kita, membaca buku-buku berbahas Inggris, sampai menonton film tanpa menggunakan subtitle.

Seru, kan?