Usia bukanlah hambatan bagi seseorang untuk mewujudkan mimpinya. Buktinya, 5 anak Indonesia ini mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Padahal, umur mereka terbilang belia.

1. Hibar Syahrul

Maraknya berita pelecehan seksual yang terjadi di Indonesia membuat Hibar Syahrul tak bisa diam. Ia membuat sepatu bertenaga 450 volt yang bisa digunakan untuk melindungi diri, terutama para perempuan. Hanya dengan menekan satu tombol di sepatu, pelaku kejahatan seksual bisa tersetrum dan terpental.

Atas karya inovatifnya ini, lelaki yang bersekolah di SMPN 1 Bogor ini mendapatkan medali emas di International Exhibition of Young Investor yang diadakan di Malaysia.

2. Nadya Shafiana Rahma

Pada Frankfurt Book Fair 2015 lalu, Nadya menjadi salah satu penulis cilik yang karyanya bisa dipamerkan dalam pameran buku bergengsi di dunia tersebut. Ia tidak menyangka bisa mengikuti pagelaran akbar di mana ia menceritakan pengalaman menulisnya di depan para pengunjung.

Siswi asal Yogyakarta yang sudah menerbitkan 5 buku ini memang gemar menulis sejak kecil. Dimulai dari menulis pengalaman sehari-hari hingga membuat cerita pendek yang dikirimkannya ke koran.

3. Perdana Putra Minang

Awalnya, sang Ayah mengajak Perdana untuk ikut balapan di usianya yang menginjak 7 tahun. Siapa sangka, lelaki ini malah menggemari dunia balapan dan ia sudah menjuarai beragam ajang balap gokart internasional.

Salah satu kejuaraan yang diraihnya adalah Juara I kelas junior Asia Max Challenge (AMC), di Malaysia pada 2014 lalu.

4. Musa La Ode Abu Hanafi

Musa adalah seorang penghafal Al Quran atau hafiz cilik kebanggaan Indonesia yang berhasil merebut Juara III dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) International di Sharm El-Sheikh di Mesir. Bahkan, anak kelahiran Bangka Belitung ini merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia di ajang ini.

5. Joey Alexander

Tangan-tangannya begitu lincah bermain-main di atas tuts piano. Kemahirannya memainkan alat musik tersebut membuat Joey dijadikan sebagai nomine termuda dalam Grammy Awards 2016 untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. Kabarnya kini, Joey baru saja merilis album terbarunya, Countdown.