Tulisan sejatinya ialah sarana untuk menuangkan segala unek-unek yang mandek di dalam hati dan pikiran. Banyak orang tak bisa mengungkapkan kata-kata itu secara verbal. Karenanya, tulisan menjadi media yang pas untuk menyuarakan suara-suara yang tertahan itu.

Selain cerpen atau cuitan singkatan di media sosial, puisi pun menjadi media yang lazim untuk mengungkapkan isi hati. Berikut 5 alasan kenapap kamu harus rajin menulis puisi.

Mengurangi kegundahan

Lepaskan… lepaskan! Kegundahan yang bersarang di hatimu lama-kelamaan akan semakin menumpuk dan menggunung apabila tidak dilepaskan. Coba, tulislah sebait puisi mengenai apa yang sedang kamu rasakan. Kurangi rasa kegundahanmu lewat kata demi kata yang dapat mewakili isi hatimu. Jangan sampai hati dan pikiranmu merasa terbebani karena ada “sampah-sampah“ yang belum kamu buang.

Mengasah kreativitas

Terkadang, membuat puisi bukan perkara hanya menulis indah, melainkan memiliki makna di dalamnya. Kelihatannya, tak sedikit yang berlomba-lomba untuk menghasilkan kata puitis. Bahkan memakai diksi yang bisa saja hanya dimengerti oleh si penulis itu sendiri. Di sinilah kekreatvitasan kita diasah. Buatlah puisi versimu sendiri. Jangan pedulikan bait, rima pilihan kata, yang penting… tulis saja dulu.

Menjadi sumber penghasilan

Menulis puisi bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan kita. Daripada hanya menulis puisi dan disimpan sendiri, coba kirim puisi tersebut ke media-media. Siapa tahu bisa dimuat dan kamu bisa mendapat tambahan uang.

Sarana belajar menulis

Jika kamu memutuskan untuk menyimpan puisi buatanmu untuk dirimu sendiri, tak apa. Setidaknya, kamu bisa menjadikan puisi-puisi tersebut sebagai sarana atau wadah untuk berlatih menulis. Apalagi, kamu tak memerlukan jumlah kata yang banyak untuk merangkai sebuah puisi.

Memperpanjang ingatan

Sama halnya dengan menulis cerita atau keseharianmu dalam buku diary, menulis puisi juga bisa menjadi penanda waktu, sebuah pengingat akan memori-memori di masa lampau. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lupa akan suatu hal yang ingin kamu kenang. Tulis saja puisi singkat yang bisa mengingatkanmu akan suatu memori. Lewat tulisan, semuanya akan abadi.