Dulu, YouTube sepertinya hanya dipandang sebagai media hiburan saja. Namun sekarang, YouTube bisa dijadikan ajang untuk berbagi ilmu sampai mencari uang. Makanya, banyak banget yang memilih untuk menjadi YouTuber dan mengembangkan ke-kreativitas-an mereka lewat video-video di kanal YouTube.

Sayangnya, enggak sedikit lho, orang-orang awam yang hanya sekadar mengunggah video di YouTube supaya bisa eksis. Padahal, YouTube bisa dijadikan media yang efektif untuk belajar, membangun jaringan antarsesama content creator, hingga meng-influence orang banyak.

Nah, buat kalian yang juga kepengin menjadi YouTuber, ada tiga jurusan kuliah yang bisa dipilih sebagai bekal, nih. Mulai dari segi teknis sampai konten apa yang bakal disampaikan ke penonton. Siapa tahu, ke depannya kita bisa jadi YouTuber sukses dan bisa kasih pengaruh positif untuk banyak orang!

Animasi

Di berbagai kampus di Indonesia, udah banyak kok Jurusan Animasi. Nah, di jurusan ini, kita bisa belajar gimana caranya bikin film pendek, animasi 2D dan 3D, stop motion, sound design, sampai digital visual effect.

Malahan, kita juga bisa jadi storyboard artist, animator, animation director, motion graphic artist, dan banyak lagi.

Perfilman

Yang suka banget terlibat dalam pembuatan film, jurusan ini cocok banget. Soalnya kita bisa belajar soal penyutradaraan film, membuat skenario, storyboard, videografi, dan lain-lain. Pastinya, ini berguna banget buat kita yang pengin bikin film-film di YouTube, iklan kampanye kreatif, atau web-series yang sudah dijajal YouTuber Indonesia, seperti Raditya Dika dan SkinnyIndonesian24.

How To Be A YouTuber/Vlogger

Tahu enggak, di Inggris, ada kampus yang menyediakan kelas khusus bagi mahasiswanya yang pengin belajar jadi YouTuber atau Vlogger. Nama kampusnya adalah City of Glasgow College yang bertempat di Glasgow, Skotlandia.

Di sini, kita bisa belajar gimana caranya memulai channel kita sendiri, belajar soal platform media sosial pendukung lainnya seperti Twitter dan Periscope, hingga mendalami soal tren di dunia internet.

Kelas ini hanya memakan waktu beberapa minggu saja. Namun dijamin, kita bakalan tahu gimana caranya jadi YouTuber atau Vlogger yang ciamik!